Pendekar Sejati abad 21

|

Kata pendekar mungkin sudah tak asing lagi di kancah dunia persilatan. Walaupun demikian, kata pendekar memiliki banyak definisi . dan definisi tersebut berbeda-beda sesuai dengan pandangan setiap orang. Berikut akan saya paparkan beberapa definisi kata pendekar menurut pandangan saya yang dilihat dari segi waktu(zaman).

Bagi saya definisi pendekar dari segi waktu itu ada 2 macam, yaitu pendekar jaman dulu alias pendekar jadul, dan yang kedua adalah pendekar modern alias pendekar abad 21. Pendekar jadul bagi saya adalah pendekar yang kebanyakan orang kenal selama ini, yakni pendekar yang bisanya hanya berkelahi, memiliki egoisme yang tinggi, terlalu subjektif(mengutamakan tujuan/ menghalalkan segala cara),serta kurangnya koordinasi sesame para pendekar . Kita ambil contoh; ada seseorang yang sedang mengembara, di tengah perjalanan ia dihadang oleh sekelompok orang jahat yang hendak merampas barang bawaannya.di situ terjadilah perkelahian yang cukup sengit, yang akhirnya dimenangkan oleh pengembara tersebut. Begitu seterusnya.Yah, bisa dibilang seperti kehidupan liar hutan rimba yang menerapkan hukum rimba, siapa yang kuat maka ia yang berkuasa/menang. Berbeda halnya dengan pendekar modern alias pendekar abad 21,dia tidak hanya memiliki keahlian dalam bertarung saja namun ada banyak kompetensi lain yang ia miliki. Diantaranya adalah;

a. Memiliki IMTAQ ( iman & taqwa terhadap Allah SWT )

b. Menguasai IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi)

c. Cerdas (SQ, IQ, EQ)

d. Berfikir objektif

e. Persentase sabar 99% dan emosi 1%

f. Memiliki sikap toleransi yang tinggi

g. Mampu memanage waktu (disiplin tinggi)

h. Sportif dalam berkompetisi

i. Berjiwa besar (mau mengakui kekalahan)

j. Berdaya juang tinggi

k. Coba lagi,lagi,dan lagi (tidak putus asa)

l. Terbuka terhadap hal baru namun tetap kritis dalam menyaring hal baru tersebut serta kritis dalam mengambil keputusan (bijaksana)

m. Bertanggung jawab

n. Solidaritas tinggi (baik solidaritas mekanik maupun solidaritas organik)

o. Berjiwa Nasionalisme(berkebangsaan/cinta tanah air)

p. Berjiwa Sosialisme

q. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah sadar dan fiksi hukum (tahu hukum),menjunjung tinggi hukum yang hidup dan berkembang di masyarakat tempat ia berada,dll.

Nah, setelah kita lihat uraian singkat diatas marilah kita renungkan sebenarnya kita ini termasuk dalam golongan pendekar yang mana. Mudah-mudahan kita termasuk kedalam golongan pendekar abad 21. Bagi anda yang termasuk golongan jadul sebaiknya anda berbenah diri untuk menjadi yang lebih baik lagi.

0 komentar:

Posting Komentar